Amsterdam – Masjid Biru mengumandangkan azan dengan pengeras suara di Amsterdam, Belanda. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa pertama kalinya dan dapat dikatakan peristiwa bersejarah bagi umat muslim.

Diketahui bahwa, tepat hari Jumat (15/11/2019) azan tersebut menggema melalui speaker yang terpasang di Masjid Biru.

Nourdeen Wildeman, selaku Jubir Masjid Biru mengatakan bahwa sejatinya seruan ibadah untuk umat muslim tersebut sudah direncanakan pada pekan sebelumnya, namun tiba-tiba kabel sistem audio diputus oleh orang tidak dikenal.

Nourdeen Wildeman menyatakan bahwa dirinya dan umat muslim lainnya merasa senang dan terhormat dengan lantunan azan yang berkumandang melalui pengeras suara, meski sempat terjadi penundaan.

Diketahui bahwa, peristiwa tersebut menjadi yang pertama di pusat kota Amsterdam, setelah 7% persen masjid di Belanda mengumandangkan azan selama beberapa tahun terakhir.

Di sisi lain, seorang warga bernama Ursula van Spronsen mengatakan, “Ada reaksi berbeda dari penduduk setempat. Beberapa orang mengkritiknya, namun secara umum responsnya positif”. Ursula pun sengaja datang ke Masjid Biru untuk mendengar azan yang pertama kali dikumandangkan lewat speaker. (NRY-harianindo.com)