Surabaya – PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) cabang Surabaya bekerja sama dengan Kelompok Studi Infeksi Menular Seksual Indonesia (KSIMSI) mengadakan acara Kampanye Pencegahan Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV – AIDS dan Konsultasi gratis masalah Kulit & Kelamin yang diadakan pada 1 Desember 2019 di Car Free Day Raya Darmo Surabaya.

Hari Aids Sedunia 2019, PERDOSKI Surabaya Gelar Kampanye dan Konsultasi Gratis

Dr. Ary Widhyasti Bandem, M.Kes, SpKK, FINSDV, FAADV selaku Ketua PERDOSKI Surabaya mengatakan,  “Acara ini sengaja diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia dengan kampanye cara penularan, penyebaran HIV-AIDS beserta dampak kedepannya, dengan harapan masyarakat dapat melakukan pencegahan segala tindakan yang beresiko pada infeksi HIV-AIDS. Infeksi HIV semakin meningkat dalam 3 dekade terakhir sehingga menjadi sebuah epidemi terburuk di abad ke-20 ini.  Untuk Indonesia sendiri, kasus HIV mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jumlah kumulatif kasus HIV sampai Maret 2019 sebanyak 338.363 kasus. Dengan 5 provinsi tertinggi yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua dan Jawa Tengah. Di seluruh regio Asia Pasifik, epidemi HIV terutama melibatkan populasi risiko tinggi, mulai dari pengguna narkoba suntik (penasun), heteroseksual, Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL).”

Hari Aids Sedunia, PERDOSKI Surabaya Gelar Kampanye dan Konsultasi Gratis

Dr. Ita Puspita Dewi, SpKK, FINSDV, FAADV selaku Ketua Panitia menambahkan, “Tema yang diusung pada Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah ‘Bersama Masyarakat Meraih Sukses!’ Adapun tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat agar peduli untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dari HIV-AIDS serta menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA. Selain itu juga meningkatkan komitmen dari pemerintah dan organisasi peduli AIDS terhadap pencegahan dan pengendalian HIV- AIDS.” Acara ini diikuti oleh 200 anggota Perdoski Surabaya, Mahasiswa yang tergabung dalam CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities) Universitas Airlangga, serta masyarakat Surabaya pengunjung Car Free Day. (Edy – harianindo.com)