Pasukan Oposisi Suriah

Pasukan Oposisi Suriah

Golan – Serentetan tembakan yang berasal dari wilayah Suriah diberitakan telah memasuki wilayah Israel. Menanggapi kejadian tersebut, pihak militer Israel menyatakan bahwa peluru – peluru tersebut kemungkinan besar berasal dari bentrokan yang terjadi antara pihak militer dan oposisi Suriah, AFP, Senin (20/5/2013).

Dilaporkan, tembakan tersebut tepatnya memasuki dataran tinggi Golan yang merupakan sebuah wilayah perbatasan antara Israel dan Suriah. Dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun kerusakan yang terjadi akibat insiden tersebut. Menindaklanjuti kejadian itu, pihak militer Israel mengirimkan pasukan mereka guna memastikan asal tembakan tersebut.

Sebagai catatan, kejadian tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi. Pada Sabtu 18 Mei lalu juga terjadi tembakan di wilayah yang sama. Hal tersebut menyebabkan pemerintah Israel mengirimkan protes pada Perserikatan Bangsa – Bangsa. Selain tembakan, mortar milik tank yang berasal dari wilayah Suriah juga dilaporkan pernah memasuki wilayah Israel pada bulan Februari lalu. Beruntung, mortar tersebut tidak meledak dan menyebabkan korban jiwa.

Walaupun sebagian besar dari peluru – peluru yang memasuki wilayah Israel merupakan peluru “nyasar” atau tidak disengaja memasuki wilayah Israel, tetapi beberapa diantaranya diakui oleh pihak Suriah memang sengaja dilakukan. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)