Jakarta – Ma’ruf Amin kembali berikan klarifikasi saat hadir di Deklarasi Relawan Anak Republik di Gedung Convention Hall, Samarinda kemarin. Dirinya mengajak kepada masyarakat untuk terus berperang melawan penyebaran berita hoaks.

Rumor Jokowi Bubarkan Kementerian Agama, Ma'ruf Amin : "Itu Semuanya Fitnah"

Klarifikasi pertama yang diungkap Ma’ruf ialah terkait Jokowi tak berbuat banyak selama memerintah dalam empat tahun terakhir. Dia menganggap orang yang menyebarkan rumor itu atau mereka yang mempercayainya berarti selama ini tidur, sehingga tak tahu perubahan pesat pembangunan.

“Itu semuanya fitnah, karena saat ini Jokowi sudah Presiden, dan kejadian itu tidak terjadi. Kalau mau, kan, kenapa tidak sekarang saja,” kata Ma’ruf, berargumentasi.

Selanjutnya beliau juga menjelaskan bahwa ada jaminan dari dirinya terkait Jokowi yang dinilai tak pernah menganggap ulama dengan perumpamaan daun salam. Maksudnya, daun salam biasanya hanya digunakan seperti penyedap masakan, yang ketika masakan telah siap, daun salam itu disingkirkan.

“Ulama seperti daun salam, itu dulu. Tetapi beliau (Jokowi) tidak membuang ulama, justru menggandengnya. Kok ente nggak paham-paham. Jadi, kapan pahamnya?” tuturnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)