1.6 SIDI Turbo

1.6 SIDI Turbo

Rüsselsheim – Salah satu pabrikan otomotif kelas dunia asal Jerman, Opel dikabarkan telah meluncurkan Opel Astra terbaru mereka. Peluncuran mobil terbaru ini bertujuan untuk turut bersaing dalam pangsa pasar mobil berjenis hatchback di Eropa. Hal ini seperti telah dilansir oleh Inautonews, Jumat (17/5/2013).

Untuk itu, Opel secara resmi akan meluncurkan varian terbaru Astra pada musim gugur nanti. Berbicara tentang varian terbaru Astra tersebut, mobil ini akan mengusung sebuah mesin baru yakni 1.6 SIDI Turbo yang menggantikan mesin sebelumnya yakni 1.6 Turbo.

Mesin terbaru Opel yakni 1.6 SIDI Turbo ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan tenaga sebesar 170 tenaga kuda dan memiliki torsi 280 Nm dengan putaran mesin pada 1.650 rpm. Dari sisi torsi, mesin baru ini memiliki peningkatan 50 Nm dibandingkan dengan versi sebelumnya. Sementara itu, apabila dilihat pada sisi konsumsi bahan bakar, mesin ini membutuhkan 5,9 liter BBM untuk menempuh jarak 100 km. Dengan demikian, maka mesin ini lebih irit 14 persen dari pendahulunya tersebut.

Apabila kita menilik pada segi emisi karbon CO2, maka mesin ini hanya akan mengeluarkan emisi sebesar 139 g/km. Sebagai tambahan, mobil Opel Astra terbaru ini mampu menempuh kecepatan 0-100 km/jam dalam 8,7 detik sebelum mencapai kecepatan maksimal 220 km/jam. (Choirul Anam – www.harianindo.com)