GM terinspirasi Rumah KontainerDetroit – Apa yang dilakukan oleh pihak produsen mobil dari General Motors (GM) memang perlu diacungi jempol. Hal ini dikarenakan pihak GM memiliki rencana untuk dapat membuat sebuah desa kecil yang berada dekat dengan pabrik Hamtramck Assembly, Detroit menjadi sebuah rumah yang nantinya dibangun dengan menggunakan kontainer bekas dari perusahaannya.

Seperti yang dikutip dari Inautonews, Selasa (6/5/2014), untuk dapat mempermudah rencananya, pihak produsen mobil yang berasal dari Amerika ini tidak bekerja sendiri untuk mewujudkannya. Dimana mereka bekerja sama dengan perusahaan nirlaba, Michigan Urban Farming Initiative (MUFI).

Dengan ide ini maka akan memberikan solusi sebuah perumahan dengan harga yang relatif murah. Karena hampir 85 persen dari bahan baku rumah menggunakan bahan kontainer yang sudah tidak layak pakai namun masih dapat dimanfaatkan.

Diungkapkan oleh Detroit-Hamtramck Plant Manager, Doneen McDowell yang dilansir dari gmauthority.com, bahwa dengan adanya proyek inovatif ini maka akan membantu kebangkitan dari Detroit karena memberikan nilai yang lebih kepada masyarakat.

Tidak hanya itu saja, pihak GM juga memiliki rencana mengucurkan dana sekitar 1,7 juta US$ untuk program pendanaan tahunan yang diberikan kepada sekitar 209 organisasi yang tersebar di 45 kota tepatnya di tempat karyawan GM bertempat tinggal.

Diungkapkan oleh Darin McLeskey sebagai MUFI co-founder and vice president, Darin McLeskey, bahwa rumah adalah investasi jangka panjang. Sehingga dengan adanya proyek ini diharapkan akan menjadi inspirasi baru bagi perumahan yang sejenis untuk didirikan di seluruh kota. (Choirul Anam – www.harianindo.com)