Batam – Ratusan turis asal Cina yang sedang menikmati liburan di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau secara bertahap dipulangkan ke negara asal mereka menyusul merebaknya wabah virus corona.

Pemulangan dilakukan secara bertahap. Seperti pada Kamis, 30 Januari 2020, satu rombongan turis Cina kembali menuju Bandara Internasional Hang Nadim. Dan terlihat mereka sudah siap dengan barang bawannya.

Tidak seperti biasa barang bawaan itu dibungkus rapat dalam kardus dengan bertuliskan aksara mandarin. Selain itu para wisatawan tersebut juga menggunakan penutup wajah berupa masker. Saat sampai di Bandara mereka tiba-tiba membuat barisan dan berteriak “Jia you Wuhan”, yang artinya kurang lebih Semangat Wuhan.

Kapala Bandara Hang Nadim Batam Suwarso menuturkan ada 399 turis yang akan dipulangkan ke Cina. “Semuanya datang ke Batam menggunakan agen perjalanan,” ujarnya.

Suwarso juga menambahkan, setelah turis itu para turis itu berangkat, otoritas bandara segera menyemprotkan disininfiktan di ruangan yang dipakai turis ketika di bandara. “Selain itu kami tetap menggunakan scanner, sampai saat ini belum ada yang suspect virus tersebut,” kata dia.

Suwarso memastikan, seluruh turis yang dibawa oleh agen dari Cina sudah dipulangkan. Hari ini pemulangan terakhir yaitu sebanyak 100 lebih turis. (Edy – www.harianindo.com)