Jakarta – Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta Muslim Muin membeberkan solusi untuk mencegah banjir ialah dengan menangkap air hujan.

Ia mengatakan bahwa cara itu adalah langkah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait kebijakan naturalisasi sungai.

Dia menjelaskan, dari kebijakan naturalisasi sungai itu, warga bisa memanfaatkan lahan kosong untuk kemudian bisa dijadikan resapan air.

“Itulah yang dibilang Gubernur Anies naturalisasi. Tangkap, gunakan, resapkan, sisanya baru buang. Tangkap hujan, gunakan air hujan, resapkan air hujan, sisanya baru buang. Itu namanya naturalisasi,” kata Muslim dalam diskusi bertajuk “Hujan Bukan Takdir?” di Jalan Baiduri Bulan Bidara Cina, Jakarta Timur, Sabtu (4/1/2020).

Pakar hidrodinamika Institut Teknologi Bandung (ITB) itu juga menyinggung soal pengurangan debit air banjir bukan hanya tugas Anies semata karena Jakarta juga kerap mendapatkan kiriman air dari Bogor.

Ditambahkan pula, tugas menangkap air hujan bukan hanya dikerjakan Anies, tetapi juga harus melibatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama para menterinya.

Kurangi debit banjir itu tangkap hujannya, tidak hanya di sini, di sana tuh! Di Puncak, di Bogor, siapa yang bisa tangkap hujan itu? Bukan tugas pak Anies itu, pemerintah pusat bos. Presiden sama menterinya,” katanya. (Edy – harianindo.com)