Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut anak-anak kecil senang main air saat banjir. Anak-anak itu diakuinya bahkan berenang di air banjir.

Hal tersebut disampaikan Anies usai berbincang dengan anak-anak saat meninjau lokasi banjir di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020).

“Anak-anak pada senang main tuh. Benar kan? Wong saya kemarin ke Kampung Pulo. Banjir kan di sana. Jadi anak-anak pada main saja, berenang,” ujar Anies saat berbincang dengan korban banjir yang mengungsi di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (3/1/2020).

Anies juga menambahkan anak-anak yang berenang di air banjir tidak hanya korban banjir. Ada pula kelompok anak kecil lain dari wilayah berbeda yang tidak banjir sengaja datang ke lokasi banjir untuk bermain.

“Dari kampung sebelah, mau berenang katanya. Jadi buat anak-anak sih senang saja,” kata dia.

Selain di lokasi banjir, lanjut Sang Gubernur, anak-anak yang menempati lokasi pengungsian pun tampak senang bermain. Namun Anies meminta para orangtua agar mengingatkan anak-anak mereka untuk beristirahat.

“Ini mereka juga di sini kan senang saja, tetapi belum tentu mereka ingat harus istirahat. Jadi ibu, bapak, dorong anak-anaknya untuk istirahat cukup biar mereka enggak sakit,” ucap Anies.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Menteri Pendidikan itu berpesan kepada para pengungsi untuk selalu menjaga kesehatan. Dia meminta warga untuk terus memeriksa kesehatan mereka saat merasa tidak enak badan.

Pemprov DKI diklaim telah menyediakan tempat pemeriksaan kesehatan di lokasi pengungsian. “Jangan ditunggu parah. Kalau sudah merasa enggak enak, di depan sana ada tempat pemeriksaan kesehatan, langsung lapor minta diperiksa, minta dikasih obat,” ucap Anies.

Adapun banjir merendam sebagian wilayah Jakarta sejak Rabu (1/1/2020). Banjir disebabkan curah hujan tinggi dan cuaca ekstrem. Banjir makin parah dengan munculnya luapan kali karena debit air yang masuk dari hulu. Lebih dari 31.000 warga meninggalkan rumah karena huniannya terendam banjir. Namun, kini ada pula warga yang sudah kembali ke rumah. Banjir pun berangsur-angsur surut. (Edy – harianindo.com)