Adly Mansour

Adly Mansour

Kairo – Seperti yang kita ketahui, Presiden Mesir, Mohammed Morsi beberapa waktu yang lalu telah secara resmi lengser dari jabatannya tersebut. Maka dari itu, jabatan Presiden Mesir untuk sementara ini dipegang oleh Adly Mansour.

Sosok Adly Mansour selama ini memang tidak begitu dikenal oleh publik Mesir. Masyarakat Mesir sendiri sebetulnya lebih kenal dengan Mohammad El Baradei yang menjadi tokoh oposisi pada masa pemerintahan Morsi. Hal ini seperti yang telah dilansir oleh Al Jazeera, Kamis (4/7/2013).

Walaupun demikian, rupanya Adly Mansour menjadi pilihan dari pihak militer Mesir untuk memegang kursi kepresidenan sementara Mesir. Sebelumnya, Adly Mansour merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi Mesir. Hal itulah yang kemudian membuat Jenderal Abdul Fattah Al Sisi menunjuk Adly Mansour sebagai pengganti Morsi untuk sementara waktu ini.

Sebagai catatan, Adly Mansour merupakan salah satu mahasiswa dengan prestasi yang sangat luar biasa. Tidak heran apabila Adly Mansour kemudian mendapatkan beasiswa dari Ecole Nationale de l’Administration di Prancis. Dalam masa pemerintahan Hosni Mubarak, Adly Mansour memiliki jabatan dalam departemen kehakiman dalam waktu yang cukup lama.

Secara keseluruhan, Adly Mansour merupakan tokoh oposisi dengan karakter yang lebih sederhana daripada El Baradei maupun Amr Musa. Tidak hanya itu saja, saking sedehananya Adly Mansour, foto pria tersebut sangat jarang tampak dalam setiap aksi protes melawan kebijakan pemerintah Mesir. (Rani Soraya – www.harianindo.com)