Ford

Ford Logo

Washington – Anda mungkin sering melihat petugas polisi menggunakan mobil pengawal, tentunya mereka harus memiliki keahlian tersendiri. Dimana tentunya tidak hanya menjaga keamana dari banyak orang, mereka juga harus menjaga laju dari kendaraannya.

Dalam rangka untuk membantu tugas yang ditanggung oleh para petugas kepolisian di jalan, kini Ford telah mengembangkan sebuah fitur khusus yang diperuntukkan untuk mobil polisi. Dimana bentuknya sangat sederhana, namun diklaim oleh Ford dapat menjaga keselamatan para polisi yang sedang bertugas.

Fitur pada mobil polisi tersebut diberi nama Surveillance Mode. Dengan menggunakan teknologi sensor dan kamera yang diletakkan di belakang mobil maka membuat teknologi ini mampu mendeteksi jika seseorang mendekati mobil dari arah belakang.

Terlebih jika penjahat tersebut memiliki jarak yang terlalu dekat, maka Surveillance Mode akan mengaktifkan sensor otomatis sehingga dapat mengunci pintu dan juga menaikkan kaca dari kendaraan. Ditambah lagi fitur ini juga mampu memberikan peringatan kepada polisi jika ada seseorang yang mendekati mobilnya.

Sebagai informasi bahwa Surveillance Mode ini adalah ide yang berasal dari Insiyur Ford, Randy Freiburger. Dimana ia sudah la melakukan kerjasama dengan dinas kepolisian. Sehingga teknologi ini sudah tidak akan diragukan lagi karena sudah sesuai dengan kebutuhan dari polisi.

Untuk dapat mengaplikasikan teknologi tersebut, Ford tidak sendiri. Karena pihaknya dibantu oleh sebuah perusahaan yang beralamatkan di Auburn, California. Seperti yang dilansir dari Washington Post, Rabu (24/7/2013), Vice President of Operation, InterMotive Inc, Marc Elliso mengungkapkan bahwa teknologi ini seperti asuransi. Dimana Anda akan diberikan sebuah kenyamanan dengan adanya peringatan yang diberikan kepada petugas jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. (Choirul Anam – www.harianindo.com)