Galaxy S4

Galaxy S4

Seoul – Pada kuartal kedua tahun ini (Q2), pihak Samsung memang belum merilis secara resmi angka penjualan dari smartphone terbarunya, Galaxy S4. Namun berdasarkan riset yang dilakukan oleh sebuah perusahaan riset TrendForce, smartphone andalan dari perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini diketahui telah terjual sekitar 23 juta unit pada Q2.

Berdasarkan rilis dari Softpedia, Kamis (25/7/2013), walaupun berdasarkan data yang dihimpun TrendForce Galaxy S4 sudah terjual 23 juta unit, hal tersebut nampaknya belum memenuhi target dari Samsung.

Karena tercatat, selama kuartal kedua tahun ini, Samsung telah mengapalkan lebih dari 71 juta smartphone. Sebagai informasi bahwa pada bulan Mei lalu, pihak Samsung mengatakan bahwa setelah peluncuran Galaxy S4 pada 27 April lalu, penjualannya sudah mencapai 10 juta unit untuk pasar global.

Sedangkan pada sisi lain, sebuah vendor handset China dalam waktu yang sama juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Dimana vendor smartphone terpopuler China tersebut Huawei, ZTE dan Lenovo.

TrendForce juga mengungkapkan selama tiga bulan terkahir ini memang pengapalan smartphone telah naik sekitar 31,4 persen dari tahun ke tahun dengan total mencapai 221 juta unit. Selain itu perusahaan tersebut juga mengklaim bahwa untuk permintaan handset high-end memang untuk saat ini sedang menurun. Namun untuk segmen middle-end dan low-end saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)