Snowden

Snowden

Moskow – Edward Snowden, yang menjadi tokoh utama atas bocornya rahasia milik intelijen Amerika Serikat (AS) ini saat ini sedang terjebak di area transit tepatnya di Bandara Moskow, Rusia. Pihak Imigrasi Rusia sampai saat ini masih menunda untuk memproses suaka yang diajukan oleh Snowden.

Sebelumnya, muncul kabar yang menyebutkan bahwa Snowden akan segera mendapatkan suaka atau ijin tinggal di Rusia. Hal tersebut beredar berdasarkan kebiasaan dari pihak imigrasi Rusia yang akan memberikan suaka kepada para pemohonnya berselang tujuh hari setelah pengajuan ijin tinggal.

Sebagai catatan, Snowden melalui kuasa hukumnya yakni Anatoly Kuchereva telah mengajukan permohonan suaka pada pihak Imigrasi Rusia pada pekan lalu.

Seperti yang dilansir dari Guardian, Kamis (25/7/2013), Kuchereva mengungkapkan bahwa memang untuk kasus yang menimpa Snowden tergolong unik. Sehingga birokrasi Rusia masih membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempelajari permohonan suaka yang diajukan oleh Snowden.

Dari keterangan pengacaranya, Snowden  untuk saat ini memang ingin menetap dan bekerja di Rusia. Namun sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan pihak imigrasi Rusia akan memproses suaka yang diajukan oleh Snowden. Karena Presiden Vladimir Putin berharap jika Rusia menerima suaka Snowden, maka Putin minta agar Snowden tidak merusak hubungan yang selama ini terjalin antara Rusia dan AS. (Choirul Anam – www.harianindo.com)