Kargo Chong Chon Gang

Kargo Chong Chon Gang

Colon – Tim investigasi Panama yang melakukan pembongkaran terhadap muatan kapal Korea Utara kali ini telah menemukan total 12 mesin dari pesawat tempur MiG-21 dan lima kendaraan militer yang menyerupai pusat kontrol misil. Hal tersebut seperti yang telah dirilis oleh Reuters, Selasa (30/7/2013).

Sebelumnya, sekitar satu bulan yang lalu tim investigasi telah menemukan dua mesin jet tempur dan dua sistem radar milik dalam lambung kapal Chong Chon Gang. Peralatan militer tersebut ditemukan dalam tumpukan gula merah.

Lebih jauh, tim investigasi Panama telah mengajukan penundaan terhadap kedatangan dari tim investigasi khusus PBB terkait dengan kapal Korut tersebut. Pihak Panama berdalih bahwa proses pembongkaran muatan 100.000 ton gula merah tersebut rupanya memakan waktu yang lebih lama daripada dugaan. Saat ini, baru sekitar 25 % dari muatan yang telah dibongkar.

Proses pembongkaran muatan kapal milik Korea Utara itu sendiri dikabarkan melibatkan sekitar 500 aparat kepolisian dan dimulai pada 15 Juni lalu saat kapal tersebut ditangkap oleh pemerintah Panama karena adanya dugaan penyelundupan obat-obatan berbahaya. Ternyata, kapal tersebut membawa persenjataan menuju Korea Utara dari Kuba. (Rani Soraya-www.harianindo.com)