Pasukan penjaga perbatasan Mesir-Israel

Pasukan penjaga perbatasan Mesir-Israel

Sinai – Empat militan islam diberitakan tewas karena serangan roket yang disinyalir merupakan ulah Israel. Salah satu sumber menyebutkan bahwa pihak israel telah mengirimkan sekitar lima buah roket ke daerah perbatasan Mesir yakni sebelah utara Sinai.

Sumber lain menyatakan bahwa serangan tersebut dilakukan oleh sebuah pesawat tempur Israel yang sebelumnya telah melakukan pengamatan terhadap para militan tersebut. Dari hasil pengamatan itu, para militan terlihat telah menyiapkan tiga buah roket yang siap untuk diluncurkan menuju wilayah Israel.

Berdasarkan rilis dari Reuters, Jumat (9/8/2013), serangan tersebut dilakukan oleh pihak Israel karena empat militan tersebut diduga telah bersiap untuk meluncurkan roket ke wilayah Israel. Sebagai catatan, dua negara tersebut memang selama ini telah bersepakat untuk melakukan kerjasama dalam menumpas pergerakan militan islam di daerah Sinai.

Tentu saja, dengan kenyataan tersebut maka serangan yang dilakukan oleh pihak Israel kali ini tidak akan mengganggu hubungan diplomatik kedua negara tersebut. Disisi lain, juru bicara militer Mesir membantah bahwa kejadian tersebut merupakan ulah Israel. Menurutnya, daerah perbatasan antara Israel dan Mesir merupakan daerah yang netral dan tidak diperkenankan ada operasi militer. (Rani Soraya – www.harianindo.com)