Pemerintah Indonesia Siap Evakuasi WNI yang Ada di Mesir

Ilustrasi

Jakarta – Kondisi Mesir yang saat ini terus memanas dan sudah tidak aman lagi menyebabkan pemerintah merencanakan untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI), yang saat ini sedang berada di Mesir.

Terkait rencana evakuasi ini berdasarkan keterangan dari Menko Polhukam Djoko Suyanto, saat ini dari pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di Kairo sedang melakukan pendataan berapa jumlah WNI yang saat ini masih ada di Mesir.

Dalam pendataan itu juga ada skala prioritas atas pelaksanaan evakuasi WNI pada saat kembali ke Indonesia. Seperti yang dikutip dari Setkab, Rabu (21/8/2013), Menko Polhukam berpesan dimana agar setiap WNI yang ada di Mesir agar melakukan koordinasi dengan pihak Kedutaan RI yang ada di Kairo. Sehingga upaya pelayanan dan keselamatan dapat dilakukan dengan sebaik mungkin.

Ada ribuan WNI yang saat ini diperkirakan tinggal di Negeri Piramida tersebut. Dimana semua WNI tersebut ada yang bekerja professional di perusahaan setempat ataupun di berbagai perusahaan investor asing, ada yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk sektor domestik ataupun tenaga terampil.

Tidak hanya itu saja, ribuan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Mesir terutama di Universitas Al Azhar, Kairo. Dengan kerusuhan yang terjadi di Mesir, informasi yang beredar menyebutkan bahwa tidak ada WNI yang terlibat dalam gejolak politik Mesir.

Saat ini konflik antara para pendukung dari pemerintahan militer dan juga pendukung mantan dari Presiden Morsi belum menunjukkan adanya tanda-tanda untuk berdamai. Walaupun atas insiden berdarah ini sudah ratusan warga yang telah menjadi korban. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)