Dalam Konvensi Demokrat Ada 15 Nama Calon Peserta

Ilustrasi

Jakarta – Dalam rangka menjaring calon yang akan diusung sebagai Presiden, pihak Partai Demokrat akan menjalankan Konvensi Calon Presiden. Dimana untuk saat ini para peserta konvensi tersebut sudah ada sekitar 18 nama yang sudah siap untuk diundang.

Dari ke-18 nama tersebut, 11 nama berasal dari refrenasi Majelis Tinggi dan sisanya berdasarkan hasil rapat yang berasal dari Anggota Komite Konvensi. Pada saat dihubungi oleh wartawan harianindo, Kamis (22/8/2013), Suaedy Marasabessy selaku Sekretaris Komite Konvensi Penjaringan Calon Presiden Partai Demokrat mengungkapkan bahwa semalam diadakan rapat sudah ada 20 calon. Dimana 5 orang sudah pasti, dua masih tentatif, ditambah 11 calon yang telah diajukan oleh Komite Konvensi sehingga totalnya menjadi 18 orang. Dari semua nama tersebut nantinya akan diseleksi lagi menjadi 15 orang.

Dari 18 orang tersebut nantinya akan dijadikan menjadi 15 orang, lalu akan diberi undangan untuk bertemu dengan Komite. Rencananya pada Jumat besok undangan baru akan disebar untuk kemudian akan dilakukan tes wawancara. Lalu pada 30 Agustus nanti, nama-nama yang telah lolos seleksi akan diumumkan dan berhak ikut dalam konvensi.

Nantinya para peserta calon peserta konvensi dalam wawancara tersebut akan diketahui beberapa aspek yang harus dimiliki dan juga ada beberapa kriteria umum dan juga khusus. Untuk kriteria umum, Suaedy mengungkapkan bahwa peserta harus mengetahui apa yang ada di UUD 1945 dan juga UU terkait tentang Pemilu Presiden. Untuk kriteria khususnya, mereka harus memiliki konsep, kepemimpinan, kompetensi, jaringan dan juga komitmen yang kuat. (Rani Soraya – www.harianindo.com)