Kerjasama Dengan Perusahaan Lokal, Citroen Rambah Pasar ChinaShenzen – Pabrikan mobil mewah asal negeri menara Eiffel, Citroen, pekan lalu baru saja merilis produk terbarunya, DS5. Seperti dilansir dari China Car Times, Minggu (29/09/2013), tak mau kalah dari pesaingnya yang berasal dari Jerman, BMW dan Audi, Citroen menggunakan strategi joint-venture dengan perusahaan Chang’an-PSA untuk menghasilkan DS5 di segmentasi mobil mewah.

Dengan harga di kisaran RMB 219,900, harga yang sangat kompetitif, DS5 memiliki spesifikasi mesin tunggal 1.6T dengan 2 output yaitu 160bhp dan 200bhp. Total unit ini diproduksi sebanyak 5 varian.

Sebenarnya Citroen bukanlah pemain baru di pasar mobil China, sebelumnya pabrikan ini sudah merambah pasar dengan varian-varian sedan DS yang diimpor oleh China. Hanya saja perusahaan membidik persentase pasar yang lebih besar lagi, mereka ingin merebut pasar yang selama ini didominasi oleh Audi A4L. Dengan strategi yang sama, setidaknya ada 2 jenis baru yang akan rilis di tahun 2014, yaitu sedan DS4 dan DS SUV.

Citroen tidak main-main, namun persaingan akan semakin ketat karena pesaing-pesaing sebelumnya yang telah beroperasi di China setidaknya selama 40 tahun telah menargetkan memiliki jaringan di China dengan setidaknya 50 toko. Citroen akan menjawabnya dengan memproduksi “secara domestik” DS5, DS3, DS3 Cabrio, dan DS4. Kita tunggu saja hasilnya. (Tita Yanuantari – HarianIndo.Com)