Belum Ada Jadwal Untuk Uji Kelayakan Calon KapolriJakarta – Komjen Sutarman bisa dipastikan menjadi satu-satunya calon Kapolri yang baru. Dari Komisi III DPR RI juga tidak mengusulkan calon-calon yang lain, namun hingga saat ini Komisi III DPR belum memberikan jadwal pasti untuk fit and proper test bagi Komjen Sutarman. Mungkin fit and proper test itu akan dilakukan jika suda ada surat dari pimpinan.

“Hingga saat ini memang belum ada surat yang masuk, bisa saja masih di Bamus atau memang masih di pimpinan kami,” ungkap Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika, saat ditemui wartawan harianindo di kantornya, senin (30/9/2013).

Namun menurut Gede Pesek Suardika untuk pengujian fit and proper testini tidak adak kesulitan bagi Sutarman, karena memang Sutarman merupakan calon satu-satunya. Seluruh anggota Komisi III DPR kebanyakan juga sudah menyetujui kalau Sutarman yang menjadi Kapolri.

Ini semua seperti yang diinginkan oleh Komisi III karena mereka semua berharap yang menjabat Kapolri nantinya tidak secara langsung menjabat, tapi memang yang dicari yang sudah banyak pengetahuan, wawasan, serta berpengalaman tentunya.

Bisa juga jadwal untuk fit and proper test ini ditunda karena Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santosa juga sedang berkabung, Komisi III pun memaklumi hal tersebut. Komisi III juga belum mempunyai ketua yang baru, mungkin saja setelah Komisi III menunjuk ketua baru, maka Komjen Sutarman pun akan dipanggil untuk melakukan uji fit and proper test itu. (Tita yanuantari – HarianIndo.Com)