Rencana Desain Baru Kontroler Steam

(Sumber Foto: endgadget)

Washington – Valve, pengembang game asal Amerika, telah memperkenalkan sebuah purwarupa dari Steam Controller, yaitu joystik/kontroler untuk Steam Machine. Seperti dilansir dari Polygon (Rabu, 15/1/2014), desain baru kontroler ini diluncurkan pada acara Steam Dev Day, sebuah acara gathering gelar ide-pendapat khusus developer yang berniat memanfaatkan layanan Steam. Kontroler tersebut terlihat mengalami penataan ulang tombol.

Tombol A, B, X, dan Y yang dahulu berposisi mengitari touchscreen, diubah menjadi berposisi tradisional—posisi simbol “plus”, atas-bawah-kanan-kiri. Touchscreen dan beberapa tombol dihilangkan, yaitu 3 tombol yang berada di bawah touchscreen. Terdapat pula overlay dari Steam Big Picture.

Pengembang dari Auroch Digital, Tomas Rawlings, menuliskan pada akun Twitter miliknya tentang Valve yang mengatakan bahwa touchscreen tersebut dianggap mubazir, sehingga dihilangkan dari kontroler tersebut.
Sebelumnya, pada ajang CES 2014, Valve meluncurkan Steam Controller bersamaan dengan Steam Machine. Pihaknya mengatakan bahwa desain dari kontroler ini nantinya masih akan mengalami perubahan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)