Hari Ini, Latihan Perang Bersama Korsel-AS DimulaiSeoul – Latihan perang bersama yang telah lama disepakati antara Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) alhirnya resmi dimulai. Latihan ini diadakan tepat setelah terjadinya reuni antara keluarga Korsel dan Korea Utara (Korut) yang sempat tertunda selama satu dekade. Seperti dilansir dari BBC (Senin, 24/2/2014), latihan ini akan berlangsung hingga tanggal 24 April 2014.

Latihan yang mengikutsertakan sekitar 12.500 personil tentara kedua negara ini akan mencakup beberpa aspek penting dalam teori peperangan. Diantaranya: simulasi latihan berbasis komputer, latihan perang darat, laut, dan udara. Beragam peralatan perang baik darat,laut,dan udara yang telah menganut teknologi terbaru juga siap untuk digunakan.

Latihan ini sebenarnya mendapatkan tentangan keras dari Korut. Negara komunis di semenanjung Korea ini menganggap latihan yang dilakukan oleh kedua negara ini seakan-akan menantang negaranya. Tahun lalu, negeri Kim Il Sung sempat mengancam akan meluncurkan rudal berpenghulu ledak nuklir ke kedua negara. Belum diketahui apa reaksi dari Korut untuk latihan kali ini. (Choirul Anam – www.harianindo.com)