CEO Indosat: Bisa Saja Kita DisadapJakarta – Alexander Rusli selaku CEO dari Indosat yang tengah tersandung isu penyadapan dari pihak asing angkat bicara mengenai tudingan tersebut. Saat ditemui di kantor pusat Indosat, Jakarta hari ini Senin (24/2/2014). CEO yang akrab disapaPak Alex ini mengakui jika ada saja kemungkinan perusahaannya disadap oleh pihak asing. Kendati sudah mematuhi aturan dan tata cara standar yang telah diterapkan, penyadapan pihak luar masih dapat terjadi.

Pak Alex menjelaskan, saluran jaringan data yang mengarah ke luar negeri seperti Eropa dan Amerika rentan disadap oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Pihak Indosat pun tak dapat berbuat banyak jika hal itu benar-benar terjadi. Lain halnya jika penyadapan dilakukan di dalam negeri, hal tersebut masih bisa ditangani oleh Indosat.

Pak Alex juga menambahkan jika Indosat telah melakukan berbagai proses pengamanan data yang sesuai dengan standar internaional. Salah satunya adalah penerapan ISO 27001 pada keamanan informasi data serta ISO 31000 untuk sistem manajemen risiko. Namun dirinya menolak jika harus berlaku naif jika pihaknya imun dari pembobolan yang dilakukan pihak NSA (Intel Amerika Serikat). Terutama jika penyadapan dilakukan di luar negeri. (Choirul Anam – www.harianindo.com)