Resep Masakan: Cara Membuat Acar Kuning Ikan Yang Lezat

advertisement:


4/09/2014

Resep Masakan: Cara Membuat Acar Kuning Ikan Yang LezatJakarta – Resep masakan bumbu acar kuning memang sangat lezat sekali. Apalagi yang akan diolah dengan bumbu acar kuning adalah ikan, pasti akan mengguah selera anda. Rasa asam dalam masakan acar kuning ini, sama sekali tidak menggunakan cuka, jadi aman bagi anda yang tidak menyukai aroma cuka ataupun rasanya.

Banyak sekali ikan yang bisa dipadukan dengan acar kuning ini, misalnya bisa menggunakan ikan mujair, nila, gurami. Nah anda penasaran ingin tahu resep ini, disini harianindo akan memberikan resep yang dikutipnya dari Kumpulan Aneka Resep Masakan, Kamis (4/9/2014). Langsung saja simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan dan bumbu :
– 1 kg atau 5 ekor ikan mas ukuran sedang
– 2 batang serai, digeprek
– ½ sdm garam atau secukupnya
– 1 sdm gula pasir
– ½ sdt merica
– 10 buah tomat ceri
– 500 ml air
– minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya

Bumbu untuk melumuri ikan :
– 1 sdt garam
– 1 sdt jahe parut
– 2 buah belimbing sayur, peras airnya

Bahan2 yang diiris :
– 4 buah belimbing wuluh, potong bulat ½ cm
– 3 buah cabe merah besar, iris serong
– 1 batang daun bawang, iris serong
– 1 buah timun, iris batang korek
– 2 buah wortel, iris batang korek

Bumbu halus :
– 5 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 3 butir kemiri sangrai
– 4 cm kunyit bakar

Terlebih dahulu bersihkan ikan lalu kemudian potong sesuai dengan selera. Lalu lumuri ikan dengan bahan lumuran yang telah disediakan, rendam selama 15 menit. Kemudian goreng ikan, ke dalam wajan berisikan minyak panas, hingga berwarna kekuningan, lalu angkat.

Selanjutnya tumis bumbu yang telah dihaluskan, hingga keluar bau harum. Tambahkan sedkit air, beri garam, gula, merica, lalu aduk merata hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan bahan-bahan yang sudah diiris, dan aduk rata.

Baca juga:
Resep Masakan: Cara Memasak Gulai Ikan Yang Enak dan Gurih

Jika semua sudah tercampur, barulah ikan yang sudah digoreng di masukkan ke dalam kuah acar kuning tadi. Teruskan sampai mendidih dan kuah acar meresap ke dalam ikan. Setelah matang acar kuning ikan pun siap untuk dinikmati. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery