Home > Gaya Hidup > Cokelat Mengandung Flavonol, Mampu Membuat Otak Awet Muda

Cokelat Mengandung Flavonol, Mampu Membuat Otak Awet Muda

Cokelat Mengandung Flavonol, Mampu Membuat Otak Awet MudaJakarta – Cokelat Mengandung Flavonol, Mampu Membuat Otak Awet Muda. Biasanya kemampuan otak manusia akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Dan kebanyakan orang memaklumi hal ini, namun ternyata sebuah penelitian mengungkap bahwa penurunan kemampuan otak dan ingatan sebenarnya bisa dicegah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience mengungkapkan, sesungguhnya zat yang bernama flavonol bisa membantu membuat otak menjadi muda kembali. Zat ini banyak terkandung dalam tanaman coklat. Berdasarkan penelitian flavonol diklaim bisa membalikkan penurunan kemampuan mengingat hingga 20 sampai 30 tahun.

Seperti dilansir laman Merdeka, perlu ditekankan bahwa yang dapat membuat awet muda adalah zat flavonol dalam cokelat, bukan buah cokelat itu sendiri. Jadi jangan menyimpulkan dengan mengkonsumsi coklat bias terbebas dari pikun. Penelitian ini sendiri menggunakan minuman cokelat yang sudah direkayasa oleh peneliti.

Dr Scott Small, salah seorang peneliti mengatakan “Flavanol memang terdapat dalam cokelat, namun hanya sedikit sekali jumlahnya. Yang menarik sebenarnya adalah bahwa penelitian ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan adanya kaitan antara bagian otak tertentu dengan kemampuan manusia mengingat,”

Dalam penelitian ini, dilibatkan pula sebanyak 37 responden sehat berusia 50 – 69 tahun yang diminta mengonsumsi flavonol sekitar 900 mg sehari. Setelah melakukan pengamatan dan tes ingatan penelitian ditemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi banyak flavonol memiliki fungsi ingatan yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi flavonol.

Saat konsumsi flavonol dilakukan selama tiga bulan, terbukti partisipan yang berusia 60 tahun memiliki kemampuan otak dan ingatan yang sama dengan orang berusia 30 – 40 tahun. Tak hanya dalam coklat, flavonol diketahui bisa ditemukan dalam banyak sayur dan buah-buahan, daun teh, dan buah cokelat. (Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Jakarta- Bila Anda membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kulitpisang ...