Home > Gaya Hidup > Konsumsi Ayam Setengah Matang Memicu Infeksi Bakteri

Konsumsi Ayam Setengah Matang Memicu Infeksi Bakteri

Konsumsi Ayam Setengah Matang Memicu Infeksi Bakteri Jakarta – Konsumsi Ayam Setengah Matang Memicu Infeksi Bakteri. Beberapa orang lebih menyukai daging atau ayam dalam bentuk setengah matang karena lebih juicy. Berbeda dengan telur yang bisa dikonsumsi setengah matang, daging ayam yang dimakan dalam kondisi setengah matang justru akan membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Institute of Food Research telah melakukan sebuah penelitian bahwa daging ayam setengah matang akan mengeluarkan cairan yang disebut dengan jus. Jus ini mengandung sekelompok bakteri yaitu campylobacter yang mampu membuat Anda keracunan. Demikian dilansir laman Merdeka.

Helen Brown, yang merupakan pemimpin penelitian memaparkan “Campylobacter memang bukan jenis bakteri yang sangat kuat. Mereka sangat sensitif terhadap oksigen dan bisa mati jika terkena oksigen. Namun bakteri jenis ini bisa bertahan hidup dengan cara membentuk lapisan lendir untuk melindungi diri mereka. Dan cara ini mampu membuat mereka lebih tahan terhadap zat antimikroba dan disinfektan,”

Brown menambahkan “Campylobacter akan muncul di dalam jus ayam dari daging yang masih setengah matang. Jika Anda tidak sengaja mengonsumsinya, maka Anda mampu terkena gejala keracunan makanan.”

Oleh sebab itu peneliti menyarankan agar lebih berhati-hati dalam mengolah ayam. Selain harus memastikan ayam dikonsumsi benar-benar matang, harus diperhatikan juga cara membersihkan ayam. Cipratan air yang terjadi saat Anda mencuci ayam pun juga bisa menyebarkan kuman dan bakteri dari ayam mentah.

Para ahli menyarankan lebih baik ayam direbus terlebih dahulu untuk mematikan bakterinya dengan waktu yang sebentar dan kemudian cucilah ayam hingga bersih sebelum Anda mengolahnya. (Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Jakarta- Bila Anda membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kulitpisang ...