Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Dinilai Lebih Diuntungkan Jika Koalisi Kekeluargaan Pecah

Ahok Dinilai Lebih Diuntungkan Jika Koalisi Kekeluargaan Pecah

Jakarta – Maswadi Rauf, seorang pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) menilai apabila perpecaha yang dialami koalisi kekeluargaan akan sangat menguntungkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahok Dinilai Lebih Diuntungkan Jika Koalisi Kekeluargaan Pecah

Perpecahan tersebut akan mengakibatkan parpol-parpol mengusung calon masing-masing, sehingga pasangan calon yang mengikuti kontestasi Pilkada DKI Jakarta akan lebih banyak.

“Semakin pecah koalisi (kekeluargaan) itu, akan semakin banyak calon yang diajukan, semakin untung Ahok. Kalau partai mengajukan pasangan calon masing-masing ya kalah, sulit menang itu,” kata Maswadi kepada Republika, Selasa (13/9/2016).

Perpecahan di koalisi kekeluargaan, menurut Maswadi, terjadi lantaran partai-partai tersebut sejak awal tidak pernah mengadakan rapat intensif untuk menentukan calon. PDI P sebagai pemilik kursi terbanyak terkesan menunggu, yang kemudian partai lain pun ikut menunggu. Karena menunggu terlalu lama, menurutnya wajar jika masing-masing partai mengusung calonnya sendiri-sendiri.

“Kalau saja mereka itu melakukan musyawarah biar kompak, sehingga nantinya hanya ada dua pasangan calon. Satu dari Golkar dan teman-temannya, satu dari PDI P dan koalisinya. Itu nanti baru ada kemungkinan (Ahok) bisa dikalahkan. Kita lihat saja nanti apakah mereka (koalisi kekeluargaan) itu ingin menang atau hanya hura-hura saja,” ucap Maswadi.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Koalisi Kekeluargaan merupakan koalisi partai-partai di tingkat DPD Jakarta. Ada tujuh partai yang tergabung dalam koalisi itu. Ketujuh partai tersebut adalah PDI-Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sayangnya, perpecahan mulai tercium di koalisi tersebut. Salah satunya adalah Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) DKI Jakarta yang menyatakan dukungannya terhadap Rizal Ramli untuk ikut bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

Soal Isu Kekerasan Terhadap Seorang Perempuan, Ini Kata Krishna Murti

Soal Isu Kekerasan Terhadap Seorang Perempuan, Ini Kata Krishna Murti

Jakarta – Sebuah kabar tidak sedap menimpa mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis