Munchen – Dua klub peringkat satu dan dua Bundesliga, Bayern Munchen dan RB Leipzig, bakal bertemu di Allianz Arena, Munchen, Kamis (22/12/2016) waktu setempat.

Prediksi Bayern Munchen vs RasenBallsport Leipzig, 22 Desember 2016

Kedua saat ini sama-sama mengemas 36 poin dari 15 pertandingan Bundesliga. Namun, Die Roten berhak menduduki puncak klasemen karena unggul selisih gol, plus 26 berbanding plus 19 milik RB Leipzig.

Catatan ini cukup mengejutkan. Pasalnya, RB Leipzig merupakan tim promosi yang sempat mengawali musim tanpa terkalahkan dalam 13 pertandingan.

Banyak yang menyebut, RB Leipzig bisa menjadi tim kejutan seperti Leicester City yang menjuarai Premier League pada musim lalu. Meski masih terlalu dini, namun RB Leipzig telah menunjukkan kapasitas sebagai penakluk klub-klub besar Jerman.

Borussia Dortmund, Schalke 04, dan Bayer Leverkusen pernah merasakan pahitnya takluk dari RB Leipzig. Menghadapi Bayern Munchen, Die Bullen (julukan RB Leipzig) tidak menunjukkan ketakutan sama sekali.

“Bayern Munchen memang tim besar dunia. Namun, kami memiliki keberanian, strategi matang, dan penuh percaya diri. Kami ingin membuat Bayern Munchen sebisa mungkin mengalami kesulitan,” kata pelatih RB Leipzig, Ralph Hasenhuttl.

Kubu Bayern Munchen juga enggan menganggap remeh lawan yang baru berusia tujuh tahun itu. Kolektivitas permainan RB Leipzig patut diwaspadai anak-anak asuhan Carlo Ancelotti. Terlebih, Die Roten sempat bersusah payah sebelum menang 1-0 atas tim juru kunci, Darmstadt, akhir pekan lalu.

“Kami harus fokus pada kemampuan tim sendiri. Kami tidak akan melakukan banyak perubahan. Kami ingin mengontrol pertandingan dan menunjukkan karakter permainan. Keseimbangan lini belakang dan depan akan menjadi faktor kunci laga nanti,” tutur Ancelotti.

Ancelotti jelas mengetahui kekuatan utama RB Leipzig. Pasalnya, RB Leipzig memainkan permainan cepat dengan strategi serangan balik. RB Leipzig merupakan tim dengan sumbangan gol terbanyak melalui serangan balik di Bundesliga saat ini.

Jika tidak mewaspadai serangan balik RB Leipzig, Bayern Munchen bisa saja terjungkal di markas sendiri. Sesuatu yang tidak pernah dirasakan Bayern Munchen sejak takluk 1-2 dari Mainz 05 pada 3 Maret lalu.

Harian Indo memprediksi laga ini akan dimenangkan oleh Bayern dengan selisih satu gol.

Prakiraan susunan pemain:

Bayern Munchen: Manuel Neuer; Philipp Lahm, Javi Martinez, Mats Hummels, David Alaba; Arturo Vidal, Thiago Alcantara; Arjen Robben, Thomas Muller, Franck Ribery; Robert Lewandowski

RB Leipzig: Peter Gulacsi; Benno Schmitz, Stefan Ilsanker, Willi Orban, Bernardo; Marcel Sabitzer, Dominik Kaiser, Diego Demme, Emil Forsberg; Timo Werner, Yussuf Poulsen

(Yayan – harianindo.com)