Home > Ragam Berita > Nasional > Imam Besar Istiqlal Waspadai Garis Keras Yang Berupaya Rusak Islam Ramah

Imam Besar Istiqlal Waspadai Garis Keras Yang Berupaya Rusak Islam Ramah

Makassar – KH Nasaruddin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta mendesak warga Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PMII) Sulawesi Selatan agar konsisten mengamalkan Islam rahmatan lilalamin, Islam yang ramah di tengah bahaya radikalisme agama yang mengancam Indonesia.

Imam Besar Istiqlal Waspadai Garis Keras Yang Berupaya Rusak Islam Ramah

Nasaruddn Umar

Nasaruddin berpendapat, saat ini warga PMII dan Nahdlyyin secara umum harus teliti dalam membaca situasi yang terjadi di Timur Tengah. Jangan sampai Islam rahmatan lilalamin yang selama ini diajarkan ulama-ulama Nusantara ini, tatanannya jadi rusak karena hadirnya penetrasi kelompok Islam yang bernuasa garis keras.

Pesan tersebut disampaikannya saat mengisi sambutan dalam gawean Maulid Tradisi PMII dan Syukuran Pembangunan tahap I Wisma Pergerakan di jalan Andi Tondro, Makassar, Minggu (25/12/2017).

Menurutnya, para ulama dan pesantren tradisional yang berpegang pada model Islam rahmatan Iilalamin sangat cocok dan humanis dalam kehidupan beragama dan berbangsa di Indonesia.

“PMII sebagai laboratorium kader Islam moderat perlu mengambil peran aktif, perlu banyak membaca hal, termasuk membaca kondisi geopolitik international, geopolitik asia tenggara-Asia timur, regional dan nasional, agar memahami apa dan bagaimana mesti bersikap sebagai intelektual muslim yang mencerahkan dan menyejukkan,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan terkait informasi 700 orang lebih mantan anggota militan ISIS, telah kembali ke tanah air, dan kebanyakan di antaranya juga berasal dari Sulsel. Dan akan kembali lagi sekitar 2000 orang mantan anggota organisasi teroris ini.

Dirinya berpandangan, mantan militan ISIS tersebut, akan sulit meninggalkan paham dan ajaran yang mereka yakini, di satu sisi tidak mungkin bisa menolak mereka hadir.

“Yang mesti dilakukan adalah membentengi umat dari pemikiran radikalisme yang mereka anut, jika kemungkinan mereka akan tetap sebarkan di sekeliling mereka,” katanya.

Baca juga: Munawir Ingatkan Ada Resiko Untuk Warga Yang Telah Disumpah Pilih Agus Tapi Membelot

Pada kondisi ini, peran kader Islam yang moderat untuk mengajarkan Islam yang damai, Islam yang dapat menjahit keutuhan hidup berbangsa dan bernegara. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Massa Aksi 112 Diambil Sumpahnya Untuk Memilih Pemimpin Muslim

Massa Aksi 112 Diambil Sumpahnya Untuk Memilih Pemimpin Muslim

Jakarta – Peserta aksi 112 disumpah untuk memperjuangkan agama Islam di Masjid Istiqlal, Jakarta. Dalam ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis