Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Saat Bayi Rewel di Cuaca Panas

Tips Saat Bayi Rewel di Cuaca Panas

Jakarta – Hawa panas ama halnya dengan udara dingin, rentan memicu masalah kesehatan pada bayi, seperti ruam kulit dan alergi. Kondisi itu biasanya membuat bayi menjadi lebih rewel.

Tips Saat Bayi Rewel di Cuaca Panas

Bayi Rewel

Membuat bayi tetap merasa nyaman adalah kunci untuk mengatasinya. Berikut ini adalah tips agar bayi tetap merasa nyaman meski cuaca sedang panas seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (19/3/2017):

1. Pilih bahan pakaian yang tepat

Katun adalah bahan pakaian terbaik yang sangat nyaman di kulit. Selain memilih bahan katun, pilihlah baju dan celana panjang untuk menghindari gigitan nyamuk atau serangga. Penting untuk memakaikan anak bando berbahan elastis. Sebab, aksesori ini bisa menghambat sirkulasi udara di sekitar kepala.

2. Ganti popok secara berkala

Idealnya, gantilah popok setiap tiga jam sekali karena musim panas membuat popok menjadi mudah lembab. Kelembaban ini dapat memicu bakteri penyebab ruam kulit. Sebelum memakaikan popok baru, pastikan kulit di area pantat bayi dalam keadaan kering.

3. Pastikan bayi tetap terhidrasi

Sering-seringlah menyusui pada saat musim panas agar bayi terhindar dari dehindrasi. Menangis adalah cara bayi untuk memberi tahu bahwa mereka sedang haus.

4. Hindari beri minyak pada tubuh

Penggunaan minyak pada tubuh saat musim panas tak memberi banyak keuntungan pada bayi. Minyak akan menempel pada kulit, yang bila tak dibersihkan dengan benar justru akan menyebabkan ruam, gatal, atau masalah kulit lainnya.Hindari pula penggunaan bedak tabur karena keringat yang mengenai bubuk dapat menumpuk dan menyebabkan masalah kulit.

Baca juga: Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas

5. Hindari aktivitas luar ruangan pada pagi hari

Jangan lupa bahwa waktu bermain adalah hal yang penting bagi anak karena dapat mendorong metabolisme dan nafsu makan mereka, jadi ajaklah mereka ke luar meski hanya sebentar. Namun, hindari aktivitas luar ruangan antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Ajaklah jalan-jalan pada sore hari, menjelang matahari terbenam. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Jakarta – Menurut studi yang dirilis pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, pria yang ...