Home > Teknologi > Drone Di Masa Depan Akan Dimanfaatkan Untuk Ini

Drone Di Masa Depan Akan Dimanfaatkan Untuk Ini

JAKARTA – Drone merupakan teknologi pesawat tanpa awak sepertinya akan semakin diminati, terutama bagi kalangan pengusaha. Seperti yang diketahui, drone saat ini sudah mulai digunakan perusahaan untuk mengirimkan produk di beberapa negara.

Drone Di Masa Depan Akan Dimanfaatkan Untuk Ini

Selain fungsinya yang sangat efisien, drone juga dapat memangkas biaya operasional perusahaan serta waktu pengiriman muatan.

Tidak hanya berfungsi sebagi pengirim barang, di masa yang akan mendatang, drone akan merambah fungsi-fungsi di sektor yang lain.

Menurut Jeff Bezos, seperti yang dilansir dari Live Science, Senin (10/4/2017), rencananya untuk menggunakan drone sebagai alat pengantar makanan dan barang.

Selain itu, ia juga ternyata berencana untuk menggunakan drone untuk keperluan lainnya. Berikut deretan fungsi lain drone yang akan digunakan di masa mendatang.

Pertanian

Di Jepang, drone dengan desain helikopter telah digunakan untuk menekan jumlah karyawan dan biaya sejak awal 1990. Dikembangkan oleh Yamaha Motor Company, drone di Negeri Sakura digunakan oleh perusahaan untuk menyiramkan air dan pestisida.

Penggunaan drone di kalangan petani disebutkan memiliki dampak yang efektif. Karena mampu terbang rendah, pekerjaan pesawat tanpa awak itu pun dikatakan lebih efisien. Tak hanya Jepang, negara seperti Korea Selatan dan Australia juga menggunakan drone serupa di sektor pertanian.

Arkeologi

Sebuah tim arkeologi telah menemukan struktur yang diduga berasal dari suku Amerika asli di New Mexico. Drone itu menggunakan sensor heat-sensing yang dapat menggambarkan secara termal. Dengan cara itu, peneliti bisa menemukan adanya struktur yang terkubur di dalam tanah.

Misi Kemanusiaan

Sebuah kelompok peneliti di Harvard-MIT Division of Health Science and Technology mengembangkan sebuah drone yang dapat menyalurkan vaksin dan obat-obatan lainnya ke negara berkembang. Pada 2014, proyek itu telah mendapatkan kucuran dana senilai USD100.000 dari Bill Melinda Gates Foundation.

Selain itu, perusahaan bernama Matternet Inc, juga mengerjakan proyek yang sama. Perusahaan yang berbasis di Silicon Valley tersebut kini tengah mengembangkan sebuah drone yang dapat menyuplai beragam perlengkapan meski melalui medan yang sulit dijangkau.

Menyebarkan Akses Internet

Pada 2014, perusahaan asal Amerika Serikat, Facebook, membeli Ascenta sebagai pembuat drone berbasis tenaga surya. Drone tersebut bakal digunakan Mark Zuckerberg untuk menyebarkan internet ke negara-negara yang belum terjamah akses dunia maya.

Saat ini, perusahaan yang berbasis di California itu diketahui telah melakukan beberapa kali tahap percobaan. Selain Facebook, di tahun yang sama, Google juga membeli perusahaan bernama Titan Aerospace. Google memiliki niatan yang sama yakni menyebarkan internet ke wilayah yang belum terjangkau.

Mengantarkan Makanan

Sebagaimana telah disebutkan di atas, Zeff Bezos telah berencana menggunakan drone untuk mengantarkan barang-barang dan makanan. Selain itu, drone bernama Tacocopter juga rencananya akan digunakan untuk mengantarkan makanan tacos kepada pelanggannya.

Orotitas Irak Kerahkan Jet Tempur dan Drone untuk Serbu Bandara Mosul

Meski teknologi kian banyak digunakan di kehidupan masyarakat, sayangnya aturan yang bisa melindungi serta menaungi hadirnya pesawat-pesawat tanpa awak itu masih terkesan lambat. Oleh karena itu, sebelum akhirnya benar-benar digunakan, drone masih memerlukan aturan yang bisa mengakomodasinya. (Rere – www.harianindo.com)

x

Check Also

Produknya Disebut Tak Laku, Ayu Ting Ting Jadi Sasaran Bully

Produknya Disebut Tak Laku, Ayu Ting Ting Jadi Sasaran Bully

Jakarta – Semua hal yang berhubungan dengan Ayu Ting Ting sepertinya selalu menjadi sorotan. Termasuk ...