Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Khilafah, MUI : “Kita Sudah Final, Tak Ada Lagi Gagasan Diluar NKRI

Terkait Khilafah, MUI : “Kita Sudah Final, Tak Ada Lagi Gagasan Diluar NKRI

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai sistem khilafah sudah tidak relevan lagi untuk diterapkan di manapun pada jaman modern ini, bahkan di Timur Tengah sekalipun.

Terkait Khilafah, MUI : "Kita Sudah Final, Tak Ada Lagi Gagasan Diluar NKRI

Menurut Wakil Ketua Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikhsan Abdullah, sistem khilafah yang didengungkan oleh ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) bertentangan dengan sistem demokrasi yang dianut oleh negara modern.

“Sekarang tidak ada negara modern yang menggunakan sistem itu termasuk di Timur Tengah. Jadi tidak relevan lagi bicara Khilafah,” kata Ikhsan Abdullah, Minggu (14/5/2017).

Setelah jaman Kesultanan Ottoman di Turki berakhir, mereka kemudian terpecah menjadi banyak negara.

“Mereka membentuk negara yang mempunyai batas teritori. Sudah kehilangan legitimasi internasional. Bahkan kalau dihidupkan, ya amat sulit. Jangankan di Indonesia, di suku saja sulit. Sudah ga ada lagi,” katanya.

Sedangkan di Indonesia, sistem khilafah jelas bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Namun demikian, jika khilafah hanya sebatas pembelajaran maka pemerintah tidak perlu mengkhawatirkannya.

“Kalau khilafah itu berkaitan dengan sistem negara berkebangsaan kita sudah final, tidak ada lagi gagasan yang di luar NKRI. Jadi sebagai negara, kita sudah selesai, jangan lagi ada pemikiran atau ide yang ingin mengubah NKRI,” tambah Ikhsan.

Karena itu, MUI berencana akan mendatangkan sejumlah ahli dari luar negeri untuk mengkaji apakah maksud dari sistem khilafah yang dibawa HTI.

“Yang kita curigai dan waspadai, apakah yg dimaksud dengan Khilafah di HTI itu hendak membangun negara yang di luar NKRI,” tandasnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gara-gara Tampilkan Meme Habib Rizieq, Kantor Harian The Jak Diserbu Massa

Gara-gara Tampilkan Meme Habib Rizieq, Kantor Harian The Jak Diserbu Massa

Jakarta – Kantor redaksi harian The Jak di Graha Pena, Jakarta Selatan, didatangi oleh sejumlah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis