Jakarta – Meski terisolasi dari dunia luar, Korea Utara nyatanya memiliki sistem kemanan dan teknologi yang cukup canggih untuk menandingi beberapa maju di dunia.

Gadget Bikinan Ryonghung Ini Diklaim Tiru Produk Apple

Baru-baru ini, negeri yang terkenal dengan paham komunisnya itu dilaporkan memiliki produk yang mirip dengan iPad. Bahkan, produk tersebut dinamai dengan nama iPad yang mana dimiliki oleh Apple. Produk tersebut dibuat oleh salah satu perusahaan bernama Ryonghung.

iPad Ryonghung ini ternyata telah populer di festival sains dan teknologi nasional dan juga pada acara produk di Korea Utara pada 2016. Namun, dari segi spesifikasi, ini jauh dari produk merek Apple.

Ryonghung iPad dilengkapi dengan 1 GB RAM dan hanya memiliki 8 GB ruang penyimpanan. Prosesornya sendiri disematkan Quadcore 1.2 GHz.

Menurut iklan yang tersebar iPad ini mampu melakukan berbagai fungsi, “Ini bisa melakukan berbagai fungsi seperti membaca berbagai sumber informasi digital, pekerjaan kantor, dan dokumentasi. iPad itu juga memiliki lebih dari 40 aplikasi. Kami menawarkan stabilitas dalam hal sistem operasi.”

Sebagaimana diberitakan Gizmodo pada Minggu (4/6/2017), Dalam pedoman merek dagang dan hak cipta Apple, penggunaan konten merek dagang perusahaan untuk perusahaan, produk, dan nama layanan dilarang, kecuali diizinkan.

Jelas saja Ryonghung melanggar terhadap merek dagang Apple. Perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut kabarnya akan melakukan tindakan terhadap perkara itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)