Home > Ragam Berita > Internasional > Singapura Usir 2 TKI Yang Diduga Terlibat ISIS

Singapura Usir 2 TKI Yang Diduga Terlibat ISIS

Singapura – Pemerintah Singapura dikabarkan mengusir dua tenaga kerja warga negara Indonesia lantaran bersimpati terhadap kelompok teror ISIS. Pemerintah Singapura memulangkan dua tenaga kerja wanita asal Indonesia setelah keduanya ketahuan mengalami radikalisasi di dunia maya atau media sosial.

Singapura Usir 2 TKI Yang Diduga Terlibat ISIS

ISIS

Salah satu dari TKW itu pun dikabarkan berniat pergi ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok teror ISIS, seperti dilaporkan Deutsche Welle, Rabu (5/7/2017).

Desmond Lee selaku Wakil Menteri Dalam Negeri Singapura, mengabarkan kepada parlemen, sejak 2015 pihaknya telah memulangkan sembilan tenaga kerja domestik berkewarganegaraan asing yang ketahuan berhubungan dengan kelompok teror, termasuk kedua TKW Indonesia itu.

Singapura berulangkali diperingatkan mengenai ancaman serangan teror oleh jihadis asing. Lee mengklaim kedua TKW Indonesia merupakan simpatisan ISIS dan mengalami “radikalisasi melalui media-media sosial.”

Meski kedua tersangka itu tidak merencanakan serangan teror, “kami tidak bisa mentolelir dukungan terhadap ideologi radikal, baik oleh penduduk lokal atau warga negara asing,” tukasnya.

Diantara tahun 2015 dan 2016 Singapura menangkap 40 tenaga kerja Banglades lantaran isu serupa. Mereka ditengarai menyiapkan serangan teror di kampung halamannya sendiri.

Baca juga: Militer Irak : ISIS Sudah Berakhir

Sebanyak Enam dari 40 tersangka saat ini masih menjalani masa tahanan di Singapura setelah terbukti terlibat dalam pendanaan terorisme. Sementara sisanya telah dipulangkan. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Iran Tuding Amerika Kirim ISIS Ke Afghanistan

Iran Tuding Amerika Kirim ISIS Ke Afghanistan

Ankara – Kali ini AS dikabarkan telah mengirimkan kelompok militan ISIS ke Afghanistan dengan menggunakan ...