Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kerap Sakit Kepala Saat Haid ? Waspadai Hal Ini

Kerap Sakit Kepala Saat Haid ? Waspadai Hal Ini

Jakarta – Ketika sedang menstruasi atau haid, pada umumnya seluruh tubuh akan terasa sakit. Mudah lelah, pegal-pegal, dan kadang sakit kepala juga. Pada dasarnya perubahan hormon lah yang membuat kondisi tubuh terasa berbeda saat sedang haid.

Kerap Sakit Kepala Saat Haid ? Waspadai Hal Ini

Sakit Kepala

Khusus unutk sakit kepala saat haid, penyebabnya juga karena pengaruh perubahan hormon. Seperti dilansir dari vemale.com, Selasa (25/7/2017), hormon progesteron dan estrogen memiliki peranan besar dalam siklus haid dan perubahannya tersebut juga bisa menyebabkan sakit kepala saat haid.

Pada umumnya, saat kadar hormon estrogen menurun, sakit kepala akan terasa makin menjadi-jadi. Naik turunnya kadar hormon inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala.

Sekitar 40% wanita mengungkapkan pernah mengalami migrain saat haid. Sedangkan 60% sisanya pernah mengalami sakit kepala setidaknya satu kali dalam siklus haidnya seumur hidup. Dengan demikian, sakit kepala ketika haid memang bukan perkara yang baru lagi.

Baca juga: Obesitas saat Remaja Ternyata Memiliki Dampak Besar ketika Dewasa

Penting untuk selalu mencatat atau menandai kapan saja sakit kepala menyerang ketika haid. Apakah di hari pertama haid, di tengah-tengah siklus haid, atau di hari terakhir haid? Tujuannya agar saat Anda berkonsultasi dengan dokter, dokter bisa lebih mudah memberikan penanganan atau obat yang tepat. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Jakarta – Pada Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan ‘pesta makan daging kambing’ karena ...