Home > Ragam Berita > Ratusan Umat Budha Mojokerto Kirim Doa Untuk Korban Konflik Myanmar

Ratusan Umat Budha Mojokerto Kirim Doa Untuk Korban Konflik Myanmar

Mojokerto – Ratusan umat Buddha menggelar doa bersama di Maha Vihara Majapahit, Dusun Kedung Wulan, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, untuk etnis Rohingya yang menjadi korban konflik di Myanmar, Minggu (10/9/2017).

Ratusan Umat Budha Mojokerto Kirim Doa Untuk Korban Konflik Myanmar

Umat Budha Mojokerto gelar doa bersama

Mereka juga mengirim berbagai sesaji yang ditujukan kepada para leluhur dan arwah para korban meninggal yang mencapai ratusan nyawa agar bisa damai saat menuju surga.

Baca juga : Ustadz Yusuf Mansur Angkat Bicara Terkait Investasi Bodong

Pengurus Maha Vihara Majapahit, Banthe Viriyanadi Mahathera, mengatakan, secara khusus, doa-doa yang dilantunkan itu bertujuan agar arwah manusia yang sudah meninggal, baik leluhur maupun korban konflik di Myanmar, bisa merasakan kedamaian. Ritual tersebut juga dimaksudkan agar para arwah di surga tetap bisa menjaga sila dan kebaikan.

“Tentu ada doa-doa khusus yang dimohonkan. Semoga arwah di alam sana tidak sakit hati dan tidak mengganggu umat manusia yang masih hidup,” tutur Banthe Vir.

Usai menggelar sembahyang dan doa bersama, mereka langsung melanjutkan dengan ritual pembakaran sesaji. Dalam ritual tersebut, berbagai sesembahan diletakkan oleh masing-masing keluarga leluhur, seperti baju dan uang-uangan yang menjadi kesukaan para arwah. Semuanya diletakkan dalam satu wadah berbentuk kapal raksasa yang terbuat dari kertas dan diberi percikkan air suci sebelum kemudian dibakar.

“Kapal hanya sebagai alat agar sesaji ini tidak berantakan, sekaligus untuk alat transportasi agar sesaji tersebut bisa menyeberang ke alam arwah,” katanya.

Banthe menambahkan, ritual ulambana digelar setiap bulan tujuh tanggal 15 penanggalan imlek. Ritual ini merupakan tradisi budaya yang tidak bisa ditinggalkan.

“Ritual ulambana ini sama seperti tradisi suroan bagi orang jawa, harapannya tentang doa-doa kebaikan,” ucapnya.

Sementara itu, menanggapi konflik di Myanmar, Banthe Vir tidak percaya tentang keterlibatan bhiksu dan petinggi umat Buddha yang melakukan pembantaian terhadap etnis Rohingya. Bahkan dia menuding ada anggota teroris yang sengaja mengadu domba dalam insiden tersebut.

“Kita malah mencurigai, apakah itu benar-benar bhiksu atau teroris yang pakai jubah. Padahal bhiksu itu diajarkan semut saja nggak boleh dibunuh, masak orang dibunuh,” ujarnya.

Pihaknya berharap, semua umat bisa memahami nilai kemanusiaan dan ajaran agama masing-masing. Sebab, tidak ada agama apapun yang mengajarkan pembantaian dan kekerasan.

“Semoga semuanya segera berakhir, karena jika manusia sudah mati, Tuhan tidak bertanya apa agamamu, tapi apa manfaat dan amalku ke sesama,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bersiaplah, Rekrutmen CPNS Bakal Kembali Digelar Bulan Mei

Bersiaplah, Rekrutmen CPNS Bakal Kembali Digelar Bulan Mei

Jakarta – Beberapa evaluasi terkait Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 akan segera dilakukan. ...