Home > Ragam Berita > Nasional > Panglima TNI Tampik Isu Lakukan Manuver Politik

Panglima TNI Tampik Isu Lakukan Manuver Politik

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyodinilai sejumlah pihak sedang melakukan manuver politik terkait sejumlah pernyataannya.

Panglima TNI Tampik Isu Lakukan Manuver Politik

Gatot Nurmantyo

Adapun sejumlah pernyataan Panglima TNI yang menuai polemik antara lain ajakan untuk nonton bareng film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI (1984) dan soal kabar pembelian 5.000 pucuk senjata oleh institusi non-militer.

Namun, Gatot membantah bahwa apa yang ia lontarkan adalah manuver poltitik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. “Di sini (gedung DPR) tempat banyak orang politik. Kalau orang politik di sini, itu (menilai) bodoh yang saya lakukan. Kontituen saya pada kabur,” kata Gatot di Kompleks Parlemen DPR RI, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Menurut Gatot, jika sedang bermanuver politik, maka dia hanya akan menyampaikan pernyataan yang baik dan menarik simpati publik. “Kalau saya berpolitik, ‘Oh kamu baik, PKI baik’. Baik semuanya,” kata Gatot.

Sejumlah kritik memang ditujukan kepada Panglima TNI. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik misalnya, yang menganggap pernyataan Gatot soal pembelian senjata merupakan contoh manuver politik.

Baca juga: Polda Metro Kembali Jadwalkan Periksaan Miryam S. Haryani

Menurut dia, pernyataan tersebut bisa dikatakan sebagai manuver politik yang melewati batas. “Kita semua perlu lebih tenang dan menjaga jarak dari manuver-manuver politik yang sudah menabrak batas kepatutan maupun Undang-undang. Contohnya, manuver politik Panglima TNI Gatot Nurmantyo,” ujar Rachland, Minggu (24/9/2017).

Tak berbeda, Pengamat Pertahanan Universitas Indonesia Connie Rahakundini Bakrie meminta Gatot pensiun dini dan bergabung ke partai politik. Connie menilai, beberapa kali Gatot melakukan manuver yang membawa TNI berpolitik. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

FPI Menyebut Habib Rizieq Hidup di Arab Saudi Lewat Bantuan

FPI Menyebut Habib Rizieq Hidup di Arab Saudi Lewat Bantuan

Jakarta – Rizieq Shihab hingga saat ini masih menyandang status sebagai tersangka kasus pornografi. Polisi ...