Home > Ragam Berita > Nasional > BNPB Tegaskan Tidak Banyak Dampak Gempa di Papua

BNPB Tegaskan Tidak Banyak Dampak Gempa di Papua

Merauke – Posko badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) Jakarta terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua, terkait dampak gempa yang terjadi di Papua. Sedangkan beberapa wilayah di Papua Indonesia merasakan guncangan gempa.

BNPB Tegaskan Tidak Banyak Dampak Gempa di Papua

ilustrasi

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melaporkan, tidak banyak kerusakan dan dampak gempa di Kabupaten Tanah Merah, Merauke dan Oksibil. Berdasarkan peta gempa tiga wilayah tersebut hanya merasakan gempa IV MMI (agak lemah) sehingga tidak merusak bangunan.

“Apalagi di tiga daerah tersebut sebagian besar rumah dari kayu dan atap seng sehingga mampu meredam gempa. Gempa dengan intensitas VII MMI (kuat) dirasakan di wilayah PNG,” ujar Sutopo pada Senin (26/2/2018).

Sedangkan di Kabupaten Bovendigueol dilaporkan ada kerusakan bangunan. Laporan dari BPBD Papua, situasi dan kondisi Kota Bovendiguel pascagempa bumi dengan kekuatan 7,6 SR yang terjadi subuh dini hari tanggal 26 Februari 2018 pukul 02:44 WIT atau pukul 00:44 WIB, Kota Tanah Merah dipastikan aman. Hanya terjadi kepanikan warga akibat gempa.

Baca juga: Anggota Kepolisian Ini Ditangkap karena Timbun BBM

Hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan di lapangan. Aparat dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Bovendiguel sementara melakukan pendataan di distrik-distrik terdekat.

“Kami agak kesulitan mendapatkan informasi sesuai prosedural berjenjang sebab sampai saat ini Kabupaten Bovendiguel belum membentuk BPBD, oleh sebab itu kami berusaha hubungi teman-teman di Dinkes dan Dinsos yang ada di lapangan,” ujarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Selidiki Penyandang Dana dan Pemesan Berita Hoax Muslim Cyber Army

Polisi Selidiki Penyandang Dana dan Pemesan Berita Hoax Muslim Cyber Army

Jakarta – Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri masih mendalami kasus penangkapan anggota Muslim ...