Milton Keynes – Direktur pengembang Red Bull, Helmut Marko, mengaku terus memantau kinerja Honda dalam menciptakan mesin Formula One (F1) musim 2018 untuk Toro Rosso. Marko yakin jika produsen mesin asal Negeri Sakura tersebut bisa menjadi pemasok mesin Red Bull pada musim 2019.

Red Bull Optimistis Bakal Dapat Pasokan Mesin dari Honda di Musim 2019

Team Red Bull

Marko mengakui sangat senang dengan informasi yang telah diperolehnya dari Faenza selama ini. Pasalnya Honda telah membuat banyak kemajuan dengan Toro Rosso selaku konsumen barunya di F1 musim 2018.

Dia menegaskan bahwa Honda masih memiliki niat baik setelah mengalami pukulan besar selama bermitra dengan McLaren. Justru dengan komentar dan kritik yang terus dilontarkan pembalap McLaren, Fernando Alonso, Honda malah semakin keras berjuang untuk mengatasi masalahnya tersebut.

“Honda sangat aktif dan sudah menemukan sesuatu. Mungkin mereka akan berhasil berada di level Renault dengan mesin kedua. Honda harus berkompromi karena spesifikasi sasis dari McLaren. Mereka tidak bisa berkembang dengan bebas dan cukup terbatas. Alonso telah melakukan segalanya untuk membuat mesin terlihat buruk,” terang Marko sebagaimana diberitakan F1i pada Selasa (13/3/2018).

Menurut Marko, Mercedes akan tetap menjadi patokan mesin F1 untuk musim ini. Terutama di babak kualifikasi di mana unit tenaga pesaingnya tidak sesuai dengan mode mesin milik tim asal Jerman tersebut.

“Yang terburuk adalah modus kualifikasi mereka. Mereka selalu unggul dalam kualifikasi dan Anda tidak bisa menyalip pada kebanyakan lintasan. Dalam lomba, mereka terkadang menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit,” tuntasnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)