Jakarta – Baru-baru ini, Amien Rais mengatakan bahwa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan hanya sedang bersandiwara saja soal kemungkinan partainya akan mendukung Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Amien Rais Anggap Manuver Zulkifli Hasan Dukung Jokowi Hanyalah Sandiwara

Amien menyampaikan hal tersebut usai dirinya menemui Waketum Gerindra Fadli Zon di Gedung DPR, Jakarta, pada Kamis (26/4/2018). Sebagai seorang pendiri PAN, Amien mengungkapkan bahwa dirinya saat ini lebih memahami dinamika di internal PAN .

“Saya lebih tahu daripada Pak Zul ya. Maaf, karena saya mendirikan, saya keliling ke mana-mana umat PAN di bawah emoh Jokowi, titik. Jadi Pak Zul bermanuver hanya bersandiwara saja,” ujar Amien.

PAN, lanjut Amien, dinilai harus berkoalisi dengan Gerindra dan PKS mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 mendatang. Pilihan tersebut diambil lantaran Jokowi dianggap gagal memenuhi janjinya sebagai presiden.

Menurut Amien, Prabowo dinilai seorang capres yang paling handal apabila dibandingkan dengan capres yang lain, salah satunya dari segi pengetahuan. Oleh sebab itu, ia memprediksi Prabowo akan kembali bertarung dengan Jokowi di Pilpres.

“Kalau bacaan saya tambah sedikit intuisi memang akhirnya rematch ya, Pak Prabowo lawan Jokowi,” ujarnya.

Amien juga mengatakan bahwa duet Jokowi dengan Prabowo adalah sesuatu yang mustahil. Namun ia enggan menjelaskan hal tersebut lebih terperinci.

“Read my lips kata orang Amerika itu ya, jadi tidak mungkin PAN ke Jokowi. Titik,” ujar Amien.

Ketum PAN Zulkifli Hasan memberi sinyal bakal bergabung untuk mendukung Presiden Joko Widodo sebagai calon presiden di pilpres tahun 2019.

“Pak Jokowi tentu kan peluangnya incumbent (petahana) besar, menjadi pertimbangan,” kata Zulkifli di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Kendati demikian, PAN tetap akan melakukan penjajakan terhadap poros di luar partai pendukung Jokowi.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)