Home > Ragam Berita > Internasional > Trump dan Kim Jong-un Dikabarkan Belum Sepakat dengan Denuklirisasi

Trump dan Kim Jong-un Dikabarkan Belum Sepakat dengan Denuklirisasi

Pyongyang – Batalnya kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo ke Korea Utara disinyalir menjadi tanda-tanda belum majunya kesepakatan denuklirisasi yang pernah dibicarakan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un di Singapura beberapa waktu lalu. Korea Selatan diketahui juga ikut menyayangkan hal ini.

Trump dan Kim Jong-un Dikabarkan Belum Sepakat dengan Denuklirisasi

Trump dan Kim Jong-un

Padahal, kedatangan Mike Pompeo disebut akan mengenalkan Utusan Khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun. Namun, rencana itu akhirnya batal.

Disebutkan oleh dua pejabat di Gedung Putih AS yang tak disebutkan namanya sebagaimana dilansir dari Reuters pada Rabu (29/8/2018), Trump meminta Menlu Pompeo membatalkan kunjungan hanya beberapa hari setelah Trump menerima surat dari pejabat Korea Utara yang merupakan representasi Kim Jong-un.

Menurut sumber tersebut, surat itu dikirim Kim Yong-chol, penasihat Kim Jong-un yang juga orang kepercayaan Pemimpin Korut yang isinya bernada keras dan membuat Donald Trump tak nyaman. Trump diduga ragu soal sikap Korut mengenai denuklirisasi.

Baca juga: Patung Erdogan di Jerman Menuai Banyak Kritik

Karena itu, Trump segera meminta menlu AS membatalkan kunjungannya. Belakangan pihak Korea Utara justru menuding AS bersikap berpura-pura dalam rencana kesepakatan damai. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Paus Francis Tegaskan Pelecehan Seksual oleh Tokoh Gereja Tidak Terulang

Paus Francis Tegaskan Pelecehan Seksual oleh Tokoh Gereja Tidak Terulang

Vatikan – Paus Francis menemui delapan korban pelecehan seks oleh tokoh Gereja pada Rabu (29/8/2018). ...