Jakarta – Nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah mencapai angka Rp14.920 per hari ini. Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat berhemat dan mengurangi kegiatan untuk membeli barang impor yang tak perlu.

Jusuf Kalla Imbau Masyarakat Kurangi Membeli Barang Impor

Jusuf Kalla

“Perlu untuk meyakinkan masyarakat ini suasana berhemat,” kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).

Pemerintah akan berusaha mengurangi impor yang dinilai tak perlu untuk menekan nilai tukar tersebut. Kalla juga meminta masyarakat tak perlu membeli mobil sport mahal serupa Lamborghini dan Ferarri.

“Tidak usah mobil-mobil besar, yang mewah-mewah tidak usah,” kata Kalla.

Ketua Dewan Masjid Indonesia itu juga meminta masyarakat tak usah membeli parfum dan tas mahal. Ia meminta masyarakat juga berhemat saat negara dalam kondisi sulit seperti sekarang.

Baca juga: Prabowo Lakukan Kunjungan ke Lokasi Korban Gempa Lombok

Presiden Joko Widodo telah mengadakan rapat membahas nilai tukar rupiah. Pemerintah akan berupaya mengurangi defisit perdagangan dengan meningkatkan ekspor dan mengurangi impor.

“Itu intinya, banyak hal tentu detailnya nanti akan dibicarakan Menteri Keuangan dan Gubernur BI,” kata Kalla. (Tita Yanuantari – harianindo.com)