Home > Teknologi > China Dikabarkan Telah Berhasil Membuat Matahari Buatan

China Dikabarkan Telah Berhasil Membuat Matahari Buatan

Jakarta – Kali ini China dikabarkan telah berhasil menciptakan matahari buatan. Penciptaan tersebut telah dikonfirmasi oleh tim ilmuwan dari China’s Institute of Plasma Physics.

China Dikabarkan Telah Berhasil Membuat Matahari Buatan

Beberapa waktu lalu, mereka mengumumkan bahwa reaktor Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) atau yang dikenal sebagai proyek ‘matahari buatan’nya di Hefei Institutes of Physical Sciences telah mencapai panas 100 juta derajat Celsius.

Dalam penciptaan ini, tim mengklaim bahwa EAST mampu menghasilkan suhu yang diperlukan untuk menciptakan reaksi fusi nuklir sehingga bisa memproduksi lebih banyak energi. Sebagai perbandingan, plasma panas matahari dilaporkan sekitar 15 juta derajat Celcius. Namun plasma di matahari buatan China lebih panas enam kali daripada matahari itu sendiri.

“Ini tentu langkah yang signifikan untuk program fusi nuklir China dan perkembangan bagi seluruh dunia,” kata Profesor Matthew Hole dari Australian National University.

“Manfaatnya sangat besar karena merupakan produksi energi berkelanjutan dalam skala yang besar, tapi tanpa gas emisi rumah kaca dan limbah radioaktif yang sulit diuraikan,” tambahnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Poncharal Ingin Nikmati Masa-Masa Akhir Bersama Yamaha di ValenciaPoncharal Ingin Nikmati Masa-Masa Akhir Bersama Yamaha di Valencia

Poncharal Akui Tidak Menyesal Hengkang dari Yamaha

Bormes Les Mimosas – Bos Tech 3, Herve Poncharal, mengaku tak mengalami rasa iri ketika ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135