Jakarta – Nyamuk merupakan salah satu hewan yang sangat merugikan bagi manusia. Bukan hanya bekas gigitannya yang bisa bikin gatal saja, tapi juga karena nyamuk membawa sejumlah virus dan bakteri berbahaya yang mematikan. Salah satunya virus zika yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti yang kini sudah mewabah di Singapura.

4 Tips Untuk Mengusir Nyamuk Serta Cegah Virus Zika

Namun di Indonesia virus ini belum masuk. Sementara penggunaan obat pengusir nyamuk kimiawi jangka panjang dapat membahayakan tubuh. Tak ada salahnya menggunakan sejumlah makanan yang ampuh mengusir bahkan meminimalisir bekas gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Simak ulasan berikut ini. Berikut ini makanan-makanan yang bisa mengusir nyamuk yang mengganggu kita.

Garam
Untuk membantu meringkankan gatal dari gigitan serangga. Rendam bagian yang tergigit dalam air garam, lalu oles dengan minyak sayur.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun punya manfaat lain untuk mengusir nyamuk. Caranya adalah dengan memberi tetesan minyak zaitun di genangan air yang merupakan tempat nyamuk berkembang biak. Bawang bombai Mungkin cara ini terbilang ekstrem.

Bawang bombai
Bawang bombai memang efektif untuk usir nyamuk tapi bukan dengan dimakan, melainkan oleskan pada permukaan kulit. Mungkin agak terasa panas tapi cara ini ampuh untuk usir nyamuk.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)