Jakarta – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kini tengah mencari sosok pengganti Simon McMenemy di kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Terkait hal tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa bisa saja Jose Mourinho yang ditunjuk menjadi pelatih Timnas.

“Pasca dipecatnya pelatih timnas senior Simon McMenemy beberapa waktu lalu kami masih mencari penggantinya yang tepat dan ada beberapa nama seperti Luis Milla dan Shin Tae-yong tetapi tidak menutup kemungkinan ada nama lain dan kemungkinan Mourinho juga bisa,” kata Mochamad Iriawan sembari tersenyum di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Sabtu (09/11/2019).

Hingga kini, PSSI tengah mencari kandidat pelatih Timnas yang mampu memahami karakter pemain Indonesia. Meskipun besar kemungkinan akan merekrut pelatih luar negeri, namun PSSI tak menutup peluang akan merekrut pelatih dalam negeri.

Yang terpenting, kata Iriawan, pihaknya ingin memberikan pelatih terbaik untuk Timnas demi mendongkrak peringkat dunia serta daya saing dan kualitas permainan.

Terlebih Indonesia pada 2020 bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Momen tersebut harusnya bisa dimanfaatkan Timnas untuk menunjukkan prestasinya dan mampu mengimbangi timnas negara lain.

“Kami ingin memberikan yang terbaik untuk sepakbola Indonesia karena, sebenarnya Indonesia memiliki sejumlah atlet yang mumpuni tapi kemampuannya harus diasah dan ditingkatkan lagi,” ujarnya. (Elhas-harianindo.com)