Amsterdam – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres saat ujian, namun salah satu kampus di Belanda ini memberikan tawaran yang terbilang tidak biasa untuk menghilangkan stres yakni dengan tidur di kuburan.

Universitas Radboud di Nijmegen, Belanda memberikan tawaran kepada mahasiswanya untuk mengikuti program menghilangkan stres saat ujian dengan tidur di kuburan. Tawaran untuk tidur dikuburan tersebut diungkap salah seorang alumni dan menjadi viral saat ini.

Kuburan tersebut terletak dibelakang kapel. Makam tersebut terlihat memiliki tangga dan bagian dasar kuburan dilapisi kain putiuh dengan tulisan “Stay Weird”.

Ternyata banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti tawaran yang terbilang nyeleneh. Karena saking ramainya peminat, para mahasiswa harus rela antri untuk bisa tidur di kuburan tersebut. Akhirnya cara ini pun terkenal di kalangan mahasiwa.

Setiap mahasiswa yang tidur di kuburan tersebut diberi waktu minimal 30 menit dan maksimal 3 jam. Kuburan pemurnian tersebut dilengkapi selimut, matras juga, dengan suasana yang tenang, cocok untuk melakukan meditasi.

“Saya dan teman sekamar saya berencana untuk pergi pekan lalu, satu setengah minggu berlalu, dan kami mendapatkan daftar tunggu untuk masuk ke makam, ini sangat populer,

jadi kami belum berpeluang, namun saya berencana untuk segera pergi kapan saja,” tutur Sean McLaughlin, seorang mahasiswa, seperti dilaporkan The Mirror.co.uk, 9 November 2019.

Tawaran untuk tidur di kuburan tersebut tertulis di poster kampus dengan judul besar “Memento mori”, bahasa Latin yang artinya “ingat anda akan mati”. (Hr-www.harianindo.com)