Arkadelphia – Dua dosen di kota Arkadelphia, Negara Bagian Arkansas, Amerika Serikat, diamankan oleh polisi setempat lantaran terbukti membuat kristal metamfetamin atau sabu-sabu. Tak tanggung-tanggung, mereka memproduksi narkoba tersebut di laboratorium universitas tempat mereka mengajar.

Terry David Bateman (45) dan Bradley Allen Rowland (40) adalah dua orang dosen kimia yang diamankan lantaran melakukan aksi bak serial Breaking Bad. Mereka berdua diamankan oleh Sheriff Clark County pada Jumat (15/11/2019) lalu. Penangkapan itu dilakukan setelah sebelumnya dua orang tersebut diselidiki oleh petugas keamanan internal Universitas Henderson.

Berdasarkan keterangan dari Juru Bicara Universitas Henderson, Tina Hall, kecurigaan terhadap dua dosen tersebut berawal dari laporan tentang adanya “bau bahan kimia yang asing” di pusat sains kampus itu.

Setelah diselidiki, terkuak bahwa hasil pemerikaan menunjukkan adanya zat benzil klorida, bahan baku metamfetamin, di laboratorium tersebut.

“Tes awal mengindikasikan adanya benzil klorida di laboratorium,” ujar Hall.

Barulah kemudian laboratorium itu ditutup sementara dan diselidiki oleh petugas keamanan universitas dan berujung pada penangkapan Rowland dan Bateman.

Atas kejadian tersebut, dua dosen berpangkat lektor tersebut dikenakan cuti administratif oleh pihak universitas sejak 11 Oktober 2019. (Elhas-harianindo.com)