Jakarta – Tito Karnavian, selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penataan kota Jakarta yang tidak beraturan. Tito menyatakan bahwa Jakarta seperti kampung jika dibandingkan kota-kota besar di China.

Selain itu, Tito mengatakan bahwa kondisi Shanghai dan Jakarta saat ini berbanding terbalik dengan tahun 1998. Tito menyatakan bahwa Jakarta jauh lebih modern dibandingkan dengan Beijing dan Shanghai.

“Kita ’98 mungkin, ‘Ah ini negara (China) dengan Jakarta saja kita lihat sudah seperti kampung.’ Sekarang kebalik-kebalik. Pak Anies, saya yakin Pak Anies sering ke China. Kalau kita lihat, Jakarta kayak kampung dibanding dengan Shanghai,” kata Tito saat berpidato dalam Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Tito menyatakan bahwa dirinya pernah berkunjung ke Beijing pada tahun 1998 dalam sebuah studi banding. Saat itu, penduduk China masih memakai sepeda sebagai transportasi utama. Selain itu, kampung kumuh dan sungai kotor berada di mana-mana.

Akan tetapi, pada 2018, transportasi publik modern dan mobil keluaran terbaru sudah mengaspal di jalan. Sungai yang dulunya kotor pun telah menjadi tempat orang-orang untuk berenang, klaim Tito.

Tito juga membahas terkait stabilitas di DKI Jakarta. Dia mengenang demo berhari-hari di Jakarta. Namun Tito memuji kepolisian dan Pemprov DKI Jakarta. (NRY-harianindo.com)