AH-64 Apache

AH-64 Apache

Seoul – Demi menambah kekuatan militer mereka, kini Korea Selatan dikabarkan telah resmi melakukan pembelian terhadap 36 unit helikopter serang dengan tipe Boeing AH-64E Apache Guardian dengan nilai total pembelian sebesar 1,5 miliar dollar AS. Seperti yang kita ketahui, kini kondisi keamanan Korea Selatan tengah memanas seiring dengan perselisihan yang mereka miliki dengan negara tetangga mereka yakni Korea Utara.

Nantinya, ke – 36 unit helikopter serang tersebut akan mereka terima secara lengkap pada tahun 2016 mendatang. Hal ini seperti yang telah dilansir oleh Badan Program Pengadaan Alat pertahanan Korea Selatan (DAPA) (18/4/2013). Apabila helikopter tersebut telah lengkap berada di Korea Selatan, maka negeri ginseng tersebut nantinya akan mampu membuat tiga skuadron kavaleri udara yang dilengkapi dengan helikopter tersebut.

Helikopter jenis Boeing AH-64E Apache Guardian sendiri merupakan sebuah helikopter bertipe serang yang memiliki kemampuan untuk melakukan penghancuran tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Tidak hanya itu saja, heli ini juga memiliki kemampuan sebagai alat pendukung operasi militer melalui kemampuan perlindungan yang dimilikinya. Kamampuan tersebut wajar bagi heli tipe ini lantaran Boeing AH-64E Apache Guardian telah dilengkapi dengan empat pods roket AGM 114 Hellfire serta roket udara darat Hydra-70. Boeing AH-64E Apache Guardian tentu saja menambah rasa percaya diri Korea Selatan terhadap kekuatan militernya guna menyongsong pecahnya perang semenanjung Korea. (Rani Soraya – www.harianindo.com)