VW T5 Revo

VW T5 Revo

Nurburgring – Sirkuit legendaris Nurburgring memang pernah menjadi lahan uji coba beberapa kendaraan. Bahkan beberapa mobil komersial juga pernah merasakan trek aspal buatan Jerman. Di dalam salah satu video Top Gear, Ford Transit yang dikemudikan oleh Sabine Schmitz telah mencetak rekor.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit 8 detik, pembalap wanita tersebut berhasil menguasai medan hanya dengan menggunakan van standar bertempat di Nurburgring. Karena terinspirasi oleh video tersebut, maka Revo seorang spesialis VW Group, mulai berencana untuk memodifikasi VW T5.

Sungguh diluar dugaan, VW tersebut berhasil mencetak rekor baru dengan catatan sekitar 9 menit 57,36 detik. Hal yang menakjubkan lainnya adalah T5 ini berhasil mengelilingi semua sirkuit Nurburgring dengan jarak mencapai 1,6 km dari seri Sabine Schmitz.

Modifikasi yang dilakukan terhadap T5 ini dengan merombak mesin dengan kapasitas 2.0 liter dengan Twin Turbo Diesel yang tenaganya ditambah dengan menggunakan remap ECU. Forge Intercooler ini digunakan untuk pendingin sedangkan untuk jalur pembuangannya menggunakan Milltek “turbo-back”.

Seperti yang dikutip dalam Carscoops, Jumat (21/6/2013), Dale Lomas sebagai pengemudi VW T5 nya mengungkapkan bahwa dengan modifikasi yang dilakukannya membuat mobil ini berjalan cukup lincah. (Tita Yanuantari – www.harainindo.com)