Fasilitas nuklir Iran

Fasilitas nuklir Iran

Teheran – Salah satu pihak oposisi Iran, mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan informasi rahasia terkait dengan pembangunan sebuah fasilitas nuklir baru milik Iran. Mereka mengungkapkan bahwa fasilita snuklir tersebut adalah sebuah fasilitas rahasia yang terletak di bawah tanah. Namun demikian, mereka tidak memiliki informasi spesifik mengenai produk yang dihasilkan oleh fasilitas tersebut.

Kelompok yang menyatakan diri sebagai NCRI atau National Council of Resistance of Iran tersebut mengungkapkan bahwa fasilitas nuklir tersebut berada dalam komplek saluran bawah tanah yang berada di daerah pegunungan yang terletak sekitar 10 km pada bagian timur dari kota Damavand atau sekitar 50 km dari ibukota Iran, Teheran.

Selain itu, kelompok yang merupakan pasukan pendukung bagi kubu Irak dalam perang antara Iran – Irak pada tahun 1980an tersebut juga mengungkapkan bahwa fasilitas nuklir tersebut sebenarnya telah muali dibangun oleh pihak Pemerintah Iran pada tahun 2006 silam dan saat ini telah selesai. Hal tersebut seperti yang telah dilansir oleh Reuters, Kamis (11/7/2013).

“Bangunan bawah tanah tersebut memiliki panjang sekitar 550 meter dan memiliki total enam buah ruangan yang sangat besar,” ujar juru bicara NCRI.

“Bangunan tersebut telah dibangun oleh sekelompok insinyur dan sebuah perusahaan konstruksi yang bekerja sama dengan pihak Kementrian Pertahanan Iran serta IRGC (Pasukan Elit Iran),” tambah sumber tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)